Artikel Informasi Indonesia Menarik

Tips Menghadapi Kritikan Tamu Hotel via Online

7 Aug 2015 - 00:00 WIB

Tips Menghadapi KritikanKetika sebuah hotel memutuskan untuk mulai mempromosikan diri dalam dunia online, maka akan ada banyak konsekuensi yang harus ditanggungnya. Bahkan, best hotel in Indonesia pun harus menghadapi hal yang sama. Konsekuensi yang harus dihadapi ini, bisa jadi merupakan hal yang positif maupun hal yang negatif. Namun, baik hal positif maupun hal negatif, keduanya tetap akan mempengaruhi penjualan atau penghasilan hotel baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dampak negatif yang dihasilkan dari promo via internet ini biasanya terjadi akibat dari kritikan pedas yang dituliskan oleh user internet. Kritikan ini, biasanya adalah berupa review yang dituliskan oleh pengunjung hotel yang merasa tidak puas dengan pelayanan hotel selama menginap disana. Banyak sekali orang yang lebih puas jika menuliskan ketidakpuasannya terhadap sesuatu melalui online, dan bukan menyampaikannya secara langsung. Dengan dituliskannya kritikan ini via online, maka akan ada banyak sekali orang yang bisa membacanya.

Kritikan ini bisa mempengaruhi calon pengunjung secara langsung, baik yang pernah menginap maupun yang belum pernah menginap. Tentunya, menghadapi kritikan ini bukanlah hal yang mudah. Namun, beberapa cara ini bisa di coba untuk menghadapi kritikan dalam media online:

  • Aktif memeriksa review konsumen

Ada banyak sekali media bagi seorang user untuk menuliskan kritikan mengenai suatu hal dalam media online. User bisa menuliskan dalam blog nya (biasanya disertai kronologisnya), social media, atau review yang ditulis dalam website atau media lain yang langsung terhubung dengan hotel tersebut. Secara aktif memeriksa review yang ditulis oleh para tamu, akan membantu sebuah hotel untuk segera meluruskan permasalahannya sehingga tidak terlalu memberikan pengaruh negatif terhadap suatu hotel.

  • Tanggapi dengan cara yang halus

Ketika menemukan seseorang yang memberikan sebuah kritikan, baik secara halus maupun tidak, usahakan untuk menghadapinya dengan cara yang halus. Jangan langsung membantah bahwa kritikan tersebut tidak benar. Akan lebih baik jika pihak hotel menerima dan mengucapkan terimakasih atas kritikan tersebut, dan akan berusaha untuk memperbaikinya agar hal tersebut tidak terjadi lagi.

  • Tawarkan solusi

Jika kritikan yang dituliskan oleh konsumen merupakan hal yang memang benar terjadi, maka pihak hotel dapat menawarkan solusi pada tamu tersebut. Meskipun hal ini sudah berlalu, namun dengan menawarkan solusi dan kompensasi yang cukup memuaskan maka tamu tersebut akan merasa bahwa pihak hotel cukup bertanggungjawab.

Dengan berbagai cara diatas, diharapkan tamu yang merasa kurang puas sehingga memberikan kritikan melalui media online akan merasa pihak hotel tidak mengabaikan begitu saja pendapat mereka. Sehingga, tidak menutup kemungkinan mereka akan datang kembali untuk menginap di hotel tersebut. (Yv)


TAGS   komplain tamu hotel / pelayanan hotel /


Author

Berdoa, Berusaha, Tawakal

Recent Post

Recent Comments

Daftar Artikel