Artikel Informasi Indonesia Menarik

Tahapan Saat Memproduksi Sebuah Film

22 Jul 2015 - 12:11 WIB

tahapan saat memproduksi sebuah filmSampai saat ini, film masih merupakan sumber hiburan bagi masyarakat. Bahkan, beberapa orang ada yang hobi menyaksikan semua film yang tayang di bioskop favoritnya, tanpa peduli apakah film tersebut menarik ataukah tidak. Karena itulah, wajar bila produser film Indonesia terus berusaha untuk memproduksi Film Box Office Indonesia agar dapat menarik minat pecinta film di Indonesia. Hal ini terbukti, dengan semakin banyaknya film Indonesia yang ditayangkan di bioskop di Indonesia dan bersaing dengan berbagai film produksi luar negeri.

Memproduksi sebuah film bukanlah hal yang mudah, dan melibatkan sangat banyak sekali orang yang harus mampu untuk bekerjasama dengan baik. Ada beberapa tahap yang harus dilewati saat memproduksi sebuah film, antara lain:

  • Tahap Pra Produksi

Pada tahap ini, dimulai dengan munculnya sebuah ide cerita. Ide cerita ini bisa berasal dari mana saja, misalnya produser atau sutradara. Ide cerita ini yang kemudian akan dikembangkan ke dalam sebuah naskah cerita, berdasarkan pada tujuan pembuatan film. Selanjutnya, akan mulai dipilih siapa saja kru yang akan terlibat dalam produksi film ini, termasuk memilih pemain (aktor dan aktris) yang akan memerankan setiap tokoh di film ini. Pada tahap ini juga, produser akan mencari sumber dana yang akan digunakan selama proses syuting berlangsung, serta mencari berbagai kebutuhan lainnya. Misalnya, seperti menentukan lokasi syuting yang sesuai dengan jalan cerita.

  • Tahap Produksi

Pada tahap ini, semua kru mulai terlibat secara aktif. Proses produksi sebuah film sejak awal hingga selesai membutuhkan waktu yang berbeda pada setiap filmnya. Ada berbagai hal yang dapat mempengaruhi lama proses produksi, salah satunya yaitu faktor cuaca. Seringkali, proses syuting sebuah film harus terpaksa dihentikan karena cuaca yang tidak mendukung. Selain itu, film yang membutuhkan efek digital juga terkadang membutuhkan waktu produksi yang lebih lama.

  • Tahap Pasca Produksi

Pada tahapan ini, seluruh proses produksi telah selesai dan konsentrasi akan lebih terfokus pada strategi pemasaran film. Strategi pemasaran sangatlah penting, karena akan berpengaruh pada jumlah penonton yang tertarik menyaksikan film ini di bioskop. Biasanya, produser akan memanfaatkan rasa penasaran masyarakat untuk menarik minat masyarakat agar menyaksikan sebuah film di bioskop. Namun, mendapatkan rasa penasaran ini bukanlah hal yang mudah. Produser harus bekerja dengan cukup keras untuk mendapatkannya. (Yv)


TAGS   buat film / produksi film indonesia / cara buat film /


Author

Berdoa, Berusaha, Tawakal

Recent Post

Recent Comments

Daftar Artikel