Artikel Informasi Indonesia Menarik

Mengenal Teknik Keyword Stuffing pada SEO

27 May 2015 - 16:24 WIB

keyword stuffingSEO Indonesia kini tengah menjadi booming sebagai salah satu strategi di dunia digital untuk meningkatkan sekaligus pengenalan brand khususnya di mesin pencarian Google. SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu proses optimisasi yang dilakukan pada sebuah website atau blog untuk membuatnya tampil pada peringkat awal di search engine. SEO ini mulai banyak dimanfaatkan oleh pebisnis untuk memperkenalkan brand milik mereka kepada masyarakat umum, khususnya pengguna internet. Para pebisnis ini menyadari, bahwa telah terjadi perubahan perilaku yang terjadi pada masyarakat. Dimana, masyarakat lebih suka mencari segala sesuatu yang dibutuhkannya melalui media internet seperti search engine, dibandingkan dengan media lainnya.

Beberapa pengusaha yang memahami proses SEO memilih untuk melakukan proses SEOnya sendiri. Namun, banyak juga yang memilih jalan yang praktis dengan menggunakan jasa SEO consultant. Apalagi, bagi pengusaha yang menginginkan hasil dalam waktu yang singkat. Mereka beranggapan, dengan menyerahkan pada perusahaan yang profesional, maka mereka akan mendapatkan hasil yang diinginkan dalam waktu singkat. Hal inilah yang sering dimanfaatkan oleh SEO consultant nakal, yang hanya peduli dengan hasil dan mengabaikan proses.

SEO Consultant yang mengejar hasil yang cepat, akan melakukan cara apapun untuk mendapatkan hasil dalam waktu singkat, termasuk dengan teknik black hat (ilegal). Salah satu teknik black hat yang sering digunakan yaitu keyword stuffing. Teknik ini yaitu dengan memasukkan keyword sebanyak-banyaknya kedalam suatu konten dalam satu halaman website. Keyword ini dimasukkan secara acak pada konten dan berulang-ulang sehingga menjadi tidak natural dan relevan.

Keyword merupakan hal yang sangat penting dan berpengaruh pada proses SEO. Karena itulah, banyak orang yang beranggapan bahwa dengan memasukkan keyword sebanyak-banyaknya dalam suatu konten maka proses SEO ini akan menjadi lebih efektif. Padahal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai masalah keyword dalam sebuah konten, antara lain :

  • Peletakan keyword

Letakan keyword di lokasi yang tepat, sehingga tetap akan terlihat natural dan tidak memaksa. Akan lebih baik, jika keyword diletakkan pada paragraf awal, karena search engine umumnya membaca sebuah konten dari sebelah kiri atas.

  • Kesesuaian dengan isi konten

Keyword yang kita masukkan, haruslah sesuai dengan isi konten. Jangan memasukkan keyword yang sedang di optimasi kedalam semua konten yang kita buat, meskipun keyword tersebut sama sekali tidak berhubungan dengan isi konten.

  • Kepadatan keyword atau Keyword Density

Jumlah keyword dalam satu konten juga memiliki batas maksimal. Tidak semua konten yang memiliki kepadatan keyword tinggi itu baik dalam proses SEO, justru hal ini bisa dianggap spam oleh search engine. (Yv)


TAGS   seo / search engine optimization / teknik seo / digital strategi online /


Author

Berdoa, Berusaha, Tawakal

Recent Post

Recent Comments

Daftar Artikel