Artikel Informasi Indonesia Menarik

Pentingnya Manajemen Data Bagi Agen Asuransi

21 Apr 2015 - 10:54 WIB

manajemen data bagi agen asuransiSeorang agen asuransi memegang peran yang sangat penting dalam kesuksesan sebuah perusahaan asuransi. Hampir seluruh informasi asuransi yang dibutuhkan oleh calon peserta asuransi akan didapatkan dari agen asuransi. Apalagi, saat ini semakin banyak jumlah perusahaan asuransi, dan produk yang ditawarkan umumnya tidak berbeda jauh. Seseorang yang berminat untuk menjadi peserta asuransi (seorang prospek) biasanya akan berusaha mencari informasi mengenai program asuransi yang akan diambilnya tidak hanya dari satu perusahaan asuransi saja. Di saat seperti inilah seorang agen asuransi harus mampu untuk meyakinkan seorang prospeknya, agar bergabung dan menjadi peserta asuransi di perusahaan asuransi tempatnya bekerja.

Tentu saja, jika agen berhasil mendapatkan seorang prospek yang akhirnya menjadi peserta asuransi, tidak hanya perusahaan asuransi saja yang mendapat keuntungan, tetapi juga agen tersebut. Karena itulah, banyak agen asuransi yang berusaha dengan berbagai cara agar untuk menjadikan prospeknya menjadi peserta asuransi. Namun sayangnya, agen asuransi terkadang mengabaikan satu hal yang akhirnya merugikan dirinya dan menghambatnya mendapatkan klien, yaitu manajemen data.

Seorang agen asuransi akan memulai pekerjaannya dengan mencari prospek baru. Meskipun, terkadang seorang prospeklah yang justru menghubungi agen asuransi untuk mencari informasi asuransi yang dibutuhkannya. Saat inilah penting bagi agen asuransi untuk memiliki manajemen data yang baik. Terdapat tiga jenis prospek, yaitu:

  • Prospek yang menghubungi agen asuransi untuk mendapatkan informasi asuransi
  • Prospek yang dihubungi agen asuransi namun masih meminta waktu berfikir
  • Prospek yang langsung tegas menolak saat dihubungi agen asuransi

Agen asuransi sebaiknya membedakan data antara ketiga prospek ini. Untuk prospek pertama, akan memberi keuntungan bagi agen asuransi. Artinya orang tersebut sudah tertarik dengan program asuransi sehingga lebih mudah bagi agen asuransi untuk memasarkan produknya. Meskipun begitu, bukan berarti prospek ini akan langsung mendaftar menjadi peserta asuransi. Terkadang mereka akan berusaha untuk mencari informasi dari perusahaan asuransi lainnya. Beri mereka waktu dan hubungi lagi prospek tersebut beberapa waktu setelahnya. Ingatlah bahwa tidak semua prospek mau menyimpan kontak kita dan menghubungi kita kembali. Karena itulah, kita yang harus aktif namun jangan terlalu memaksa dengan menghubungi prospek setiap hari. Begitu pula dengan prospek yang kedua, mengejarnya terus menerus akan membuatnya merasa terganggu. (Yv)


TAGS   informasi asuransi / manajemen data / agen asuransi / info asuransi /


Author

Berdoa, Berusaha, Tawakal

Recent Post

Recent Comments

Daftar Artikel