Artikel Informasi Indonesia Menarik

Internet Yang Tepat Untuk Usaha

7 Dec 2015 - 12:06 WIB

Seiring dengan perkembangan zaman, jenis-jenis dan tipe-tipe internet telah menjadi semakin bervariasi. Berhadapan dengan sekian banyak pilihan seperti ini mengharuskan calon klien untuk berfikir lebih cermat sebelum menjatuhkan pilihan untuk provider internet kntor ataupun rumah mereka. Setiap perusahaan patut mengetahui hal-hal berikut ini sebagai pertimbangan untuk memilih internet provider yang tepat untuk kantor.

Langkah pertama adalah mengetahui jenis koneksi internet. Meski terdapat banyak jenis koneksi internet, namun pada dasarnya koneksi internet terbagi tiga.

  • DSL. Jenis ini menggunakan kabel telefon dan merupakan jenis yang paling lazim ditemukan di rumah. Jenis ini juga salah satu jenis yang memiliki tarif paling rendah.
  • Cable. Jenis ini menggunakan kabel yang disediakan perusahaan tv kabel. Memiliki kecepatan yang relatif lebih baik dari DSL.
  • Fiber. Jenis ini menggunakan kabel fiber khusus yang terbuat dari plastik dan kaca. Meski memiliki tarif yang relatif tinggi, namun kestabilan ataupun kecepatan koneksi jenis ini merupakan yang paling baik.

Lalu ketahuilah konektivitas pelayanan internet yang tersedia pada lokasi Anda. Provider yang menjanjikan kecepatan tinggi namun koneksi mereka tidak sampai ke lokasi Anda tidak patut dipertimbangkan. Dan jangan lupa untuk mengetahui kebijakan-kebijakan tiap provider yang pastinya berbeda. Hal-hal yang patut diperhatikan dalam kebijakan tiap-tiap provider adalah:

  • Jenis layanan yang tersedia.
  • Tarif.
  • Diskon dan paket harga tertentu bila tersedia.
  • Garansi ataupun asuransi yang diharuskan ataupun tersedia.

Daftar kebijakan tiap-tiap provider biasanya tertulis di website mereka, namun apabila tidak tersedia, Anda bisa menghubungi customer service mereka, secara offline ataupun online. Ketersediaan customer service juga patut menjadi pertimbangan, tidak semua provider memiliki customer service yang siap sedia selama 24 jam. Dan perhatikan juga ketersediaan tukang reparasi yang disediakan provider.

Lalu, bagaimana dengan jasa instalasi dan perawatan serta perbaikan dari provider? Apakah ketiga jasa tersebut membutuhkan biaya tambahan, atau gratis, atau termasuk dalam promosi ataupun paket tertentu? Apakah terdapat garansi setelah perbaikan? Semua ini harus diseimbangkan dengan tarif yang dikenakan provider. (RR)


TAGS   internet / provider internet / internet untuk bisnis /


Author

Berdoa, Berusaha, Tawakal

Recent Post

Recent Comments

Daftar Artikel