Artikel Informasi Indonesia Menarik

Mengenal Societeit de Harmonie

3 Dec 2015 - 15:22 WIB

Seperti lokasi tujuan wisata lainnya yang dipadati oleh wisatawan ketika hari libur tiba, kota Makassarpun demikian. Baik hotel di Makassar maupun tempat wisatanya, selalu dipadati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Apalagi, sejak direnovasinya Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin menjadi 5 kali lebih besar dari ukuran sebelumnya, membuat akses wisatawan yang ingin datang ke kota inipun menjadi lebih mudah.

Selain lokasi wisata, ada satu lokasi yang juga menarik minat wisatawan di kota ini, yaitu Societeit de Harmonie. Jika hanya mendengar namanya saja, mungkin kita tidak akan bisa langsung menebak tempat apa itu. Mungkin yang terlintas dipikiran kita hanyalah, berdasarkan dari namanya ini adalah salah satu bangunan peninggalan jaman penjajahan Belanda. Yup, pemikiran kalian memang tidak salah karena bangunan ini didirikan pada tahun 1896, saat masa kependudukan Belanda di Indonesia. Dari sejak berdirinya, gedung ini sudah difungsikan untuk berbagai kegiatan, seperti gedung kesenian dan balai kota.

Pada masa pendudukan Belanda, gedung ini difungsikan sebagai gedung pertunjukkan. Berbagai pertunjukkan karya para dermawan terkenal dari Eropa dipentaskan di sini, dan melibatkan pemain amatir yaitu masyarakat lokal sebagai pemerannya. Ketika masa pendudukan Jepang di Indonesia (1942 – 1945) gedung ini difungsikan sebagai balai kota masyarakat. Namun, fungsinya sebagai gedung pertunjukkan tetap tidak terhenti. Di gedung ini, tetap sering digelar berbagai pertunjukkan seni.

Ketika memasuki masa kemerdekaan, gedung ini beralih fungsi menjadi kantor dan gedung pertunjukkan. Namun, ketika memasuki tahun 1998 pegiat kesenian di Makassar meminta kepada pemerintah setempat agar sepenuhnya menjadikan gedung ini sebagai gedung kesenian. Bangunan inipun akhirnya di renovasi dan diberikan berbagai peralatan pendukung untuk memaksimalkan pertunjukkan yang digelar di sana.

Hingga saat ini, gedung ini masih terus menggelar berbagai kegiatan yang berkaitan dengan seni dan menjadi gedung kesenian yang sangat terkenal di Makassar. Ada berbagai pertunjukkan yang digelar dan tidak boleh kalian lewatkan ketika berkunjung ke kota ini, seperti pameran seni, theater atau pertunjukkan seni lainnya. (Yv)


TAGS   bangunan sejarah di Makassar / Societeit de Harmonie / objek wisata di Makassar / info destinasi wisata /


Author

Berdoa, Berusaha, Tawakal

Recent Post

Recent Comments

Daftar Artikel