Artikel Informasi Indonesia Menarik

Persiapkan Hal Ini Sebelum Liburan

2 Oct 2015 - 16:58 WIB

Setiap menjelang akhir tahun dan mulai keluar kalender untuk tahun berikutnya, pasti akan ada satu hal yang menjadi perhatian masyarakat, yaitu daftar tanggal merah. Wajar saja, karena sebagian besar masyarakat sangat menanti hari libur, apalagi bila ada long weekend. Di jamin berbagai best hotel in Indonesia pasti dipenuhi oleh wisatawan. Selain itu, dengan membuat daftar hari libur di tahun mendatang akan membuat mereka lebih mudah untuk membuat perencanaan liburan di tahun tersebut.

Perencanaan liburan sejak jauh hari ini sangatlah penting, karena akan membuat kita bisa mempersiapkan berbagai hal berkaitan dengan liburan. Ditambah lagi, beberapa maskapai penerbangan sering memberikan tiket promo untuk beberapa destinasi wisata, dan penjualan tiket promo ini biasanya sudah dibuka jauh sebelum hari keberangkatan. Tentunya, hal ini akan menguntungkan kita karena bisa mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah.

Nah, setelah tiket pesawat sudah ada ditangan, sekarang saatnya kita mempersiapkan berbagai hal lainnya, antara lain:

  • Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai lokasi yang akan dituju. Selain mencari tempat wisata apa saja yang harus kita kunjungi selama berada disana, kita juga harus mempelajari berbagai hal lain yang berkaitan dengan gaya hidup masyarakat di sana. Bukan berarti kita mempelajari dan kemudia mengikuti gaya hidup tersebut, tapi setidaknya kita harus mengetahui apa saja yang menjadi pantangan selama berada disana. Setelah memahaminya, kita harus berusaha agar tidak melanggar pantangan tersebut, sebagai tanda bahwa kita menghormati aturan yang ada di daerah tersebut.
  • Bagi wisatawan yang memiliki pantangan untuk mengonsumsi suatu makanan tertentu (baik karena haram ataupun alergi), sebaiknya cari informasi mengenai tempat makan yang aman dari berbagai kandungan yang kita hindari. Jika kita menggunakan tour guide selama berlibur, maka berikan informasi mengenai hal ini sejak awal pada tour guide yang mengurusi kita selama liburan.
  • Carilah informasi mengenai oleh-oleh khas daerah tersebut, beserta perkiraan harganya. Jangan lupa juga, untuk membuat daftar siapa saja yang akan kita berikan oleh-oleh tersebut. Hal ini akan membantu kita untuk membatasi pengeluaran kita saat akan membeli oleh-oleh.

Setelah semua informasi telah lengkap, saatnya untuk membuat batasan budget. Berikanlah kelonggaran budget dari hasil perhitungan kita. Kelonggaran ini bisa kita gunakan untuk keperluan mendadak ketika berada di sana, yang tidak kita perhitungkan sebelumnya. (Yv)


TAGS   liburan / tips liburan / persiapan liburan / perencanaan liburan /


Author

Berdoa, Berusaha, Tawakal

Recent Post

Recent Comments

Daftar Artikel