Artikel Informasi Indonesia Menarik

Kriteria Resepsionis Untuk Best Hotel in Indonesia

3 Jul 2015 - 11:26 WIB

kriteria-resepsionis-untuk-best-hotel-in-indonesiaSetiap hotel di Indonesia pasti akan berusaha melakukan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya sehingga dicap sebagai Best Hotel in Indonesia. Apalagi, saat ini sudah banyak orang yang berkunjung ke Indonesia, baik untuk urusan bisnis maupun hanya sekedar berwisata. Memberikan pelayanan terbaik bagi tamu yang menginap di sebuah hotel merupakan hal yang sangat penting dan utama. Jika seseorang sudah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, maka ketika orang tersebut datang kembali ke kota tersebut, kemungkinan orang itu akan kembali memilih hotel tersebut untuk tempatnya menginap. Selain itu bisa menjadi menjadikan hotel tersebut rekomendasi untuk para teman, kerabat bahkan rekan bisnis yang kebetulan berada pada kota tersebut.

Salah satu bagian terpenting dalam menentukan kepuasan tamu, adalah bagian resepsionis. Ketika seseorang datang ke sebuah hotel (baik hotel mewah atau pun hotel biasa), bagian resepsionis adalah orang yang pertama kali ditemui oleh tamu yang akan menginap. Biasanya, tamu akan menanyakan berbagai hal mengenai sebuah hotel melalui resepsionis. Jika seorang resepsionis melayani calon tamu dengan tidak ramah, tidak menutup kemungkinan tamu yang merasa kecewa akhirnya membatalkan niatnya untuk menginap di hotel tersebut.

Untuk menjadi seorang resepsionis yang baik, ada berbagai kriteria yang harus terpenuhi. Biasanya, seorang resepsionis akan diberikan training terlebih dahulu agar dapat memenuhi berbagai kriteria tersebut. Kriteria resepsionis yang harus terpenuhi antara lain:

  • Mengerti Teknologi

Sebagian besar hotel sudah menerapkan sistem informasi teknologi untuk keperluan pengolahan datanya. Karena itulah, akan lebih baik jika seorang resepsionis mengenal dan mengerti dengan baik teknologi komputer.

  • Menguasai Administrasi

Seorang resepsionis akan berhubungan dengan banyak data dan dokumen. Seorang resepsionis yang menguasai administrasi akan membuat sebuah pekerjaan menjadi lebih cepat dan efisien.

  • Memahami Sistem Manajemen Hotel

Sebagian besar tamu akan bertanya banyak hal pada resepsionis, termasuk ketika tamu tersebut mengalami sebuah kesulitan. Resepsionis yang tidak memahami sistem manajemen hotel dengan baik, tidak akan dapat membantu tamu menyelesaikan masalahnya sehingga akan membuat tamu merasa tidak puas dan kecewa.

  • Teliti, Cepat dan Tanggap

Seorang resepsionis yang baik haruslah teliti, cepat dan tanggap dalam menyelesaikan semua pekerjaannya, apalagi jika langsung berhubungan dengan tamu. Misalnya, dalam mengurus proses check-in dan check-out hotel, dan berbagai hal lainnya.

  • Menguasai Bahasa Inggris

Tamu yang datang ke sebuah hotel bisa berasal dari berbagai daerah, termasuk berbagai negara. Seorang resepsionis yang tidak menguasai bahasa inggris, akan menghambat komunikasi antara resepsionis dengan tamu yang berasal dari negara lain. Hal ini, bisa menyebabkan terjadinya masalah akibat mis-komunikasi.

  • Bertanggung jawab

Seorang resepsionis wajib untuk memiliki rasa tanggung jawab terhadap posisi dan pekerjaannya. Dengan begini, resepsionis tersebut akan terus berusaha untuk melakukan segala hal yang terbaik. (Yv)


TAGS   resepsionis hotel / kriteria resepsionis hotel /


Author

Berdoa, Berusaha, Tawakal

Recent Post

Recent Comments

Daftar Artikel