Artikel Informasi Indonesia Menarik

Tabungan Pendidikan Atau Asuransi Pendidikan ?

2 Sep 2014 - 17:38 WIB

Dana pendidikan makin meningkat dan terus meningkat setiap tahunnya, di mana hasil riset yang dilakukan oleh ZAPFIN Research Division, rata-rata kenaikan biaya pendidikan di Indonesia mencapai 15% per tahun. Tentu ini akan membuat para orang tua merasa kesulitan untuk menyiapkan dana pendidikan khusus nya pendidikan jangka panjang hanya dengan menabung saja. Oleh karena itu, kini setiap orang tua membutuhkan solusi untuk mempersiapkan dana pendidikan untuk si anak dalam jangka waktu yang panjang. Pilihan yang ada kini program investasi dana pendidikan dengan mengikuti tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan. Dua program ini pada dasarnya untuk bisa melipatgandakan modal awal untuk berkembang lebih cepat.

Asuransi Pendidikan

Asuransi Pendidikan

Kedua jenis memang diproyeksikan untuk membantu mengurangi beban akan biaya pendidikan anak-anak dalam jangka waktu yang lama. Namun kedua program tersebut membingungkan para orang tua, mana yang lebih baik apakah Tabungan Pendidikan Atau Asuransi Pendidikan ? Pastinya kedua program tersebut memiliki perbedaan yang mendasar, apa saja perbedaan tersebut ?

Asuransi Pendidikan

Untuk produk asuransi pendidikan merupakan kombinasi antara asuransi jiwa berjangka (term-life) plus tabungan. Namun pokok atau fitur utamanya adalah asuransi jiwa yang akan memberikan uang pertanggungan ketika pihak tertanggung meninggal dunia akan tetapi si anak belum masuk universitas. Selain itu yang menjadi utama dalam produk asuransi ini di mana Anda terkesan dipaksa untuk menabung.

Dari setiap saldo tabungan yang sudah terkumpul, perusahaan asuransi akan mengeluarkan uang ketika anak-anak pihak tertanggung masuk sekolah mulai dari SD, SMP, SMA, hingga Universitas. Jadi, ketika Anda tidak mengalami sesuatu yang mengakibatkan meninggal dunia atau cacat total, maka sampai polis asuransi berakhir si anak hanya akan mendapatkan porsi tabungan dalam bentuk pembayaran yang telah dijanjikan beserta bonus jika ada.

Tabungan Pendidikan

Kini industri perbankan Indonesia tengah giat menggerakkan tabungan pendidikan dalam rangka memudahkan dan memberikan solusi untuk menyiapkan dana pendidikan anak jangka panjang. Namun produk tabungan ini biasanya hanya berjangka 2 tahun, di mana harus selalu menyetorkan sejumlah dana setiap bulannya. Pihak bank juga akan menambahkan manfaat tabungan pendidikan berupa fitur asuransi jiwa, sehingga tabungan tersebut akan terus tersetor meskipun orangtua telah meninggal dunia.

Dari namanya saja tentu kita sudah mengetahui prinsip dasar dan manfaat dari tabungan, di mana produk ini bisa menjaga keutuhan modal awal. Tabungan juga identik dengan bunga, namun tentu saja bunga yang didapat tidak tinggi. Sedangkan asuransi sendiri adalah sebuah perlindungan untuk menjaga dan melindungi keuangan keluarga jika terjadi sesuatu kepada kepala keluarga yang menjadi sumber penghasilan keluarga. Sehingga sudah jelas dapat dibedakan, bahwa tabungan adalah untuk menabung, dan asuransi sebagai proteksi atau perlindungan.

Perencanaan Persiapkan Dana Pendidikan

Ada beberapa tips perencanaan dana pendidikan jangka panjang untuk para orang tua :

  • Pilih dan tentukan sekolah mana yang ingin dituju. Hitung juga kebutuhan biaya hidup saat ini, biasakan untuk selalu melakukan riset keuangan khususnya kepada perencana keuangan akan hal ini. Coba hitung dengan bantuan fitur kalkulator yang biasanya dipersiapkan oleh setiap perusahaan asuransi di dalam websitenya.
  • Selalu cek kembali semua tabungan atau investasi yang telah dipersiapkan sebelumnya. Jika memang dananya dirasa belum cukup, maka sudah saatnya sekarang untuk mempersiapkan sedini mungkin.
  • Jika ingin memilih produk keuangan, maka pilihlah sesuai dengan jangka waktu dan kemampuan keuangan keluarga. Karena setiap produk keuangan tentu memiliki karakter dan fungsi yang pasti berbeda.
  • Jika masih bingung, maka sebaiknya beli saja produk asuransi jiwa, di mana produk asuransi ini akan memberikan perlindungan dan jaminan jika terjadi sesuatu yang dialami oleh sang kepala rumah tangga sebagai sumber pencaharian.

Jadi, pilih mana tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan untuk jaminan dana pendidikan si buah hati nanti ? Selamat memilih! -apuy-


TAGS   asuransi pendidikan / tabungan pendidikan / biaya pendidikan anak /


Author

Berdoa, Berusaha, Tawakal

Recent Post

Recent Comments

Daftar Artikel