Artikel Informasi Indonesia Menarik

Pertanyaan Penting Saat Memilih Provider Colocation

4 Dec 2014 - 11:23 WIB

provider colocation IndonesiaServer adalah sebuah sistem komputer yang berfungsi untuk melayani, membatasi, mengatur akses pada klien-klien dalam suatu jaringan. Bentuk komputer server ini berbeda dengan komputer biasa, karena memiliki ukuran yang cukup besar, dengan spesifikasi hardware yang juga besar. Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan jasa colocation Indonesia untuk menaruh servernya. colocation server Indonesia sendiri adalah sebuah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server milik perusahaan ke rak-rak provider colocation yang berada di Indonesia.

Server merupakan pusat dalam suatu jaringan komputer karena semua data biasanya akan disimpan dalam server sehingga semua klien yang terhubung dalam jaringan akan dapat mengakses data dalam server. Jika server mengalami suatu masalah maka klien pun tidak dapat bekerja karena tidak dapat mengakses data yang ada dalam server. Karena server merupakan hal yang sangat penting, karena itulah perusahaan harus benar-benar memperhatikan masalah peletakkan severnya.

Dengan menggunakan jasa provider colocation ini, maka perusahaan tidak akan lagi dipusingkan dengan mencari lokasi yang tepat untuk meletakkan servernya. Karena sebelum membangun penyimpanan server, provider pasti sudah melakukan berbagai hal berkaitan dengan keaman server selama berada disana, baik keamanan dari bencana, pemadaman listrik, maupun keamanan data dari penyusup.

Saat ini sudah banyak provider colocation yang tersedia di Indonesia, konsumen dapat memilih yang paling sesuai dengan yang diinginkan dan dibutuhkan. Agar tidak salah dalam memilih, berikut ini ada beberapa pertanyaan yang sebaiknya ditanyakan sebelum menentukan provider colocation Indonesia :

  • Seberapa jauh jarak antara provider colocation dengan perusahaan ?
  • Bagaimana kemampuan/reputasi dari provider ini ?
  • Apa saja pilihan konektivitas yang ditawarkan oleh provider ?
  • Apakah provider memastikan keamanan pada server yang disimpan disana ?
  • Dukungan sumber daya apa saja yang disediakan oleh provider ?
  • Bagaimana kemampuan power dan cooling yang akan melindungi peralatan konsumen ?
  • Apakah lokasi penyimpanan server sering mengalami ancaman bencana seperti banjir, gempa bumi, dan sebagainya ? Jika iya, bagaimana cara provider mengatasinya ?
  • Apakah provider menawarkan fasilitas upgrade jika suatu saat konsumen membutuhkannya di masa depan?
  • Bagaimana kondisi lingkungan kerja untuk teknisi dari konsumen?

Masih banyak pertanyaan yang bisa ditanyakan disesuaikan dengan kebutuhannya. Semoga informasi diatas dapat membantu. Jika semua pertanyaan penting di atas mampu dijawab dengan baik oleh sebuah provider colocation Indonesia, maka bisa dipastikan bahwa provider tersebut layak dipertimbangkan! (Yv)


TAGS   provider colocation Indonesia / jasa provider colocation / colocation server Indonesia /


Author

Berdoa, Berusaha, Tawakal

Recent Post

Recent Comments

Daftar Artikel