Artikel Informasi Indonesia Menarik

Pentingnya Customer Service yang Baik bagi Hotel

21 Oct 2014 - 18:01 WIB

Suatu hotel belum bisa dikatakan sebagai hotel terbaik atau the best hotel in Indonesia bila tidak memiliki customer service atau pelayanan pelanggan yang baik. Hotel yang berkualitas tidak akan meremehkan pelayanan customer service nya. Apalagi, bisnis hotel merupakan bisnis di mana konsumen nya mengandalkan servis dari staf untuk bisa menikmati waktunya selama menginap di hotel senyaman mungkin.

Customer Service Hotel

Lalu seberapa penting kah customer service ini sehingga dapat menjadikan suatu hotel sebagai hotel terbaik?

  • Menciptakan Kesetiaan Pelanggan

Memberikan pelayanan customer service yang maksimal merupakan cara yang terbaik untuk bisa membentuk loyalty atau kesetiaan pelanggan hotel. Ketika tamu hotel mendapatkan pelayanan hotel yang baik mereka pasti akan merasa puas dan akan kembali lagi untuk menginap di hotel tersebut. Bahkan ketika mereka berkunjung ke kota lain, mereka biasanya juga akan mencari hotel yang masih satu jaringan dengan hotel yang menurut mereka telah memberikan pelayanan terbaik.

  • Membentuk Reputasi

Customer service yang baik baik akan memberikan reputasi yang baik bagi hotel. Sebaliknya bila pelayanan yang diberikan buruk maka juga akan memberikan reputasi yang buruk bagi hotel. Jangan meremehkan reputasi ini, karena calon tamu tentu akan lebih memilih untuk menginap di hotel lain dibandingkan harus menginap di hotel dengan reputasi yang buruk yang bisa saja menyebabkan mereka mendapatkan pelayanan yang buruk juga.

  • Meningkatkan Pendapatan Hotel

Semakin senang seorang tamu dengan pelayanan yang didapatkan olehnya, maka semakin besar kemungkinannya mereka akan mau mengeluarkan uang lebih untuk menikmati servis di hotel. Misalnya saja satu hotel memberikan servis berupa spa gratis untuk satu hari, maka bila tamu merasa senang dengan servis tersebut ia bisa saja kembali lagi esok hari untuk menikmati servis yang sama meskipun harus membayar lebih. Staf hotel yang bersahabat juga bisa membuat tamu untuk mengunjungi fasilitas lain dari hotel, misalnya restoran, bar, atau gym dan spa hotel karena mereka tahu mereka juga akan mendapatkan pelayanan yang baik di tempat tersebut.

  • Pertumbuhan Bisnis

Tamu yang mendapatkan pelayanan terbaik dari hotel biasanya akan membagi atau menceritakan pengalamannya tersebut kepada orang lain. Pengalaman baik ini tentunya akan menarik orang lain untuk menginap di hotel yang sama, dengan harapan dapat merasakan pelayanan yang sama. Setelah itu, bila mereka juga mendapatkan pelayanan yang baik, maka mereka akan kembali menyebarkan pelayanan hotel yang baik ke orang lain, begitu seterusnya. Sehingga dari sini, bisnis hotel pun bisa berkembang.

  • Meningkatkan Kualitas Hotel

Hotel dengan customer service yang baik pastinya terbuka dengan segala kritik dan saran yang diberikan oleh tamu. Mereka akan merespon segala kritik dan saran yang diberikan oleh tamu dan menjadikannya sebagai bahan untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas hotel. (raw)


TAGS   customer service hotel / pelayanan hotel / melayani tamu hotel /


Author

Berdoa, Berusaha, Tawakal

Recent Post

Recent Comments

Daftar Artikel